Sabtu, 27 Desember 2008

Langkah Preventif Pencegahan Virus!!!


Tidak ada langkah-langkah yang 100% efektif bisa mencegah sebuah komputer terserang virus. Disini saya hanya menyarankan Anda untuk mem-backup data secara teratur (walau komputer telah terinfeksi virus). Hal ini sebagai langkah antisipatif apabila Anda mengalami kegagalan pada saat melakukan pembersihan virus, karena jika kegagalan itu terjadi data anda bisa menjadi ikut terhapus / hilang. Anda juga disarankan memiliki boot disk yang bisa digunakan untuk booting di saat darurat, dimana system operasi di komputer anda mogok bekerja jika dinyalakan.

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut.


  1. Instalkan antivirus di komputer anda.

  2. Pastikan anda memiliki virus definition terkini. Anda bisa mencarinya di internet atau mengunduh dari situs resmi pembuat antivirus tersebut (Anda bisa melakukannya dengan melihat teknik-teknik yang berbeda tiap merek antivirus).

  3. Apabila antivirus menemukan virus pada sebuah file, jangan langsung menghapus file tersebut, karena mungkin saja file tersebut adalah file system yang memungkingkan system operasi tidak bisa digunakan akibat hilangnya file tersebut. Anda bisa mengkarantina terlebih dahulu. File-file yang dikarantina bisa di-restore kemudian setelah diobati oleh antivirus.


Langkah Membersihkan Virus

Apabila komputer terlanjur terkena virus, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Beberapa orang menyedikan tool removal yang bisa digunakan untuk membantai virus-virus dari komputer. Apabila virus tersebut terkenal, biasanya banyak orang yang akan berlomba-lomba membuatkan tool removal-nya. Anda bisa menggunakan tool removal ini seandainya virus tersebut belum dikenali oleh pabrikan pembuat antivirus terkenal di dunia.

  2. Anda juga bisa menyingkirkan secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di situs-situs yang membahas tentang pervirusan. Di Indonesia, contoh situs terkenal yang membahas hal ini adalah vaksin.com.


Berikut ini contoh antivirus yang dapat Anda gunakan :

  1. AVG ANTIVIRUS FREE

  2. AVAST!HOME

  3. COMODO ANTI VIRUS

  4. CLAM WIN ANTIVIRUS

  5. PC MEDIA ANTIVIRUS

  6. ANSAV

  7. OPEN ANTIVIRUS

  8. WINPOOCH

  9. AVIRA ANTIVIRUS

  10. DLL

Dari sekian jenis banyak antivirus Anda bisa memilih atas kehendak anda sendiri yang menurut anda paling bagus dalam memberantas virus. Anda tidak perlu meng-instal semua, karena itu justru akan membuat kinerja komputer anda jadi lambat. selamat mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKAN SANGAT SENANG BILA ANDA BERKENAN BERKOMENTAR ^-^

 
Copyright 2009 blog E risky. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan